AKSI NYATA MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Hindun Khozanah
CGP Angkatan 4 Kabupaten Sragen
A. JUDUL
PEMANFAATAN ASET SOSIAL UNTUK MENGUATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEGOTONGROYONGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK NEGERI 1 SRAGEN.
B. LATAR BELAKANG
SMK Negeri 1 Sragen adalah salah satu SMK yang memiliki kelebihan berada di wilayah yang strategis di perkotaan. Berbagai unit usaha mikro, kecil dan menengah dimiliki dan tersebar di kota Sragen. Hal ini merupakan aset sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan keterampilan dari siswa kejuruan SMK Negeri 1 Sragen khususnya program studi Akuntansi dan Keuangan Lembaga.
Selama ini pembelajaran komputer akuntansi hanya dilakukan sebatas di laboratorium Akuntansi. Pengetahuan dan keterampilan siswa hanya sampai pada berlatih keterampilan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi di kelas, belum sampai pada pengaplikasian untuk kebermanfaatan lingkungan sekitar. Oleh karena itulah, saya berencana untuk melakukan aksi nyata dengaan tema “Pemanfaatan Aset Sosial Untuk Menguatkan Interaksi Sosial dan Kegotongroyongan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMK Negeri 1 Sragen”. Harapannya adalah dengan aset sosial dan aset sumber daya manusia, siswa akan memahami komputer akuntansi secara komprehensif, interaksi sosial dan kegotongroyongan siswa makin menguat dan mampu mengamalkan ilmunya untuk pembukuan di UMKM sekitar mereka tinggal.
C. TUJUAN
1. Siswa memiliki kompetensi melakukan pembukuan menggunakan komputer akuntansi secara komprehensif dan riil.
2. Meningkatkan keterampilan siswa dalam memetakan aset sosial khususnya UMKM.
3. Menguatkan interaksi sosial antar siswa dan antara siswa dengan lingkungan sekitar.
4. Menguatkan jiwa kegotongroyongan
5. Membangun budaya positif, diantaranya kemandirian dan tanggung jawab.
D. TOLOK UKUR
1. Siswa mampu/kompeten menyusun pembukuan menggunakan komputer akuntansi pada unit usaha kecil, mikro dan menengah.
2. Siswa mampu memetakan aset sosial untuk peningkatan kompetensi life skillnya.
3. Siswa mampu berkomunikasi/berinteraksi dengan temannya dan juga dengan masyarakat sekitar.
4. Meningkatnya jiwa kegotongroyongan siswa.
5. Terbangunnya budaya positif lain dari siswa, seperti kemandirian dan tanggung jawab.
E. LINIMASA (BAGJA)
1. Buat Pertanyaan
Bagaimana cara efektif untuk memanfaatkan aset sosial guna menguatkan interaksi sosial dan kegotongroyongan siswa ?
2. Ambil Pelajaran
Apa hal positif yang sudah dimiliki oleh siswa dan sekolah untuk meningkatkan keterampilan komputer akuntansi siswa, menguatkan interaksi sosial dan kegotongroyongan dari siswa ?
3. Gali Mimpi
Pemanfaatan aset sosial apa yang akan digunakan untuk menguatkan interaksi sosial dan kegotongroyongan siswa?
Bagaimana cara menguatkan kompetensi komputer akuntansi siswa yang dapat menguatkan interaksi sosial dan kegotongroyongan ?
4. Jabarkan Rencana
Apa langkah-langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi komputer akuntansi siswa dan menguatkan interaksi sosial dan kegotongroyongan ?
Bagaimana agar semua siswa dapat terlibat dalam proyek ini ?
5. Atur Eksekusi
Siapa yang akan terlibat dalam kegiatan ini ?
Siapa yang akan memonitor kegiatan ini ?
Kapan kegiatan ini dimulai?
F. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Modal Manusia (Internal)
Siswa Program Studi Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Kepala sekolah
Kepala program keahlian
Guru mata pelajaran komputer akuntansi
Modal Manusia (Eksternal)
Orang tua
Komite sekolah
masyarakat sekitar
Modal Fisik (Infrastruktur)
Laboratorium Komputer Akuntansi
Modal Sosial
UMKM sekitar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar